SAYONARA

 

Sejarah HIMAMASTA

HIMAMASTA UB merupakan HMJ Matematika yang dinaungi oleh BEM MIPA UB. Himamasta merupakan singkatan dari Himpunan Mahasiswa Matematika dan Statistika, dimana nama ini diambil dari nama HIMAMASTER. Ketika prodi Ilmu Komputer di jurusan matematika berpindah ke PTIIK pada 2012 lalu maka berganti jadi HIMAMASTA. Dan biasanya julukan atau sebutan untuk mahasiswa jurusan Matematika adalah “Warga Masta”.

Himamasta merupakan wadah bagi anggotanya dalam menyalurkan kreatifitas baik di bidang akademik dan non akademik, serta berperan menghubungkan dan menampung aspirasi serta berusaha mengayomi seluruh warga Masta yang aktif. Pada kepengurusan periode 2018, Himamasta memiliki 63 pengurus. 3 orang pengurus inti dan 60 orang yang dibagi dalam 5 divisi yaitu Divisi PA (Pembinaan Anggota), Divisi MeKra (Media dan Kerjasama), Divisi MnB (Minat dan Bakat), Divisi DaFas (Dana dan Fasilitas), dan Divisi LitBang (Penelitian dan Pengembangan). Setiap divisi memiliki proker masing-masing yang penting sebagai tugasnya memajukan jurusan Matematika dalam setiap aspek bidang akademik maupun non akademik.

HIMAMASTA menaungi 2 LSO (Lembaga Semi Otonom), diantaranya yakni LISMATIKA (Lingkar Studi Matematika) yang bergerak dalam bidang keilmuan matematika yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu setiap anggota sesuai yang didapatkan dari materi kuliah di program studi matematika. Kemudian SS (Studio Statistika) yang bergerak dalam bidang Statistika juga merupakan LSO yang bersifat keprofesian, dimana SS menyediakan jasa analisis data untuk umum.

Pada tahun 2018, Statistika telah resmi berdiri menjadi sebuah jurusan di FMIPA UB. Berdasarkan keputusan hasil dari Musyawarah Anggota Luar Biasa HIMAMASTA 2018, kini Lismatika menjadi HMJ Matematika dan Studio Statistika menjadi HMJ Statistika dengan melanjutkan sejarah HIMAMASTA dan Studio Statistika.

#MastaArgatyasa
#HimamastaUB
#GoMasterGoMasterGo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *